USG 4 Dimensi Saat Hamil

blogger templates
Ultrasonografi atau USG 4 dimensi mungkin akan menjadi pilihan anda untuk mengetahui kondisi janin dalam kandungan. Harga USG 2 Dimensi memang lebih murah, tetapi banyak kelebihan yang ada pada 4 dimensi dibandingkan dengan 2D. USG 4 dimensi ini sebenarnya mempunyai fungsi dan manfaat yang sama dengan USG saat hamil dengan menggunakan 2 dimensi. Bedanya pada 4 dimensi ini, kita bisa melihat dengan lebih jelas kondisi janin dan juga bentuknya akan terlihat lebih jelas. Dan juga yang perlu kita ketahui adalah, baik 2 dimensi maupun 4 dimensi, masih menggunakan gelombang suara bukan cahaya, jadi akan aman bila dilakukan oleh ahli di bidang ini.

usg 4 dimensi
Dengan kecanggihan teknologi, USG 4 dimensi mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan 2 dimensi biasa, tetapi tentu dengan harga yang lebih mahal. Tubuh bayi dengan anatominya akan terlihat dengan jelas, bisa melihat wajah janin dengan jelas juga termasuk anggota badan lainnya, dan bila ada kelainan tertentu pada fisiknya akan menjadi lebih terlihat dengan jelas menggunakan 4 dimensi.

Bila dalam USG 2 dimensi, untuk mengetahui kondisi jantung masih terlalu samar terlihat, maka akan berbeda bila menggunakan jenis 4 Dimensi ini. Dengan menggunakan fasilitas canggih ini, memungkinkan jantung menjadi terlihat utuh dengan bagian-bagiannya, dari katup jantung, rongga jantung dan bagian lainnya. Gambar bisa diputar, diperbesar dan gerakannya bisa dipelankan sesuai dengan keinginan.

Baik USG 4 Dimensi atau juga USG kehamilan biasa dengan 2 dimensi, biasanya akan dilakukan selama tiga kali selama kehamilan.

USG pada kehamilan tri semester pertama, ini untuk memastikan bila ada kelainan tertentu misalnya karena kehamilan yang tidak berkembang secara normal, kehamilan yang terjadi di luar kandungan, bila terjadi hamil anggur, untuk mengetahui perdarahan pada bakal ari-ari. Pada tri semester pertama ini kita juga bisa mengetahui bila ternyata janin dalam kandungan kembar, juga detak jantung janin serta lainnya.

USG saat hamil tri semester kedua, ini juga untuk mengetahui perkembangan lebih lanjut janin dalam kandungan, misalnya pada bentuk jantung, sistem saraf, kelainan katarak yang mungkin terjadi pada bola mata, kelainan pada otak, pada tulang belakang dan lainnya.

USG 4 Dimensi saat hamil pada tri semester ketiga, mendekati masa persalinan kita bisa melihat bagaimana posisi janin, tali pusar dan juga lilitannya, posisi plasenta, ari-ari dan tentunya tidak sabar untuk bisa melihat bagaimana secara jelas wajah bayi dalam kandungan.

Dan hal-hal tersebut diatas bisa lebih jelas dilakukan dengan USG 4 Dimensi. Harga yang harus dibayar pastinya tidak murah seperti USG biasa, tetapi kita juga akan melihat bagaimana raut muka dan sedang apakah calon bayi dalam kandungan anda, serta banyak hal lain yang semua bisa dilakukan dengan USG 4 Dimensi ini. Selamat menanti kehadiran buah hati keluarga anda.