Diet Sehat Untuk Penderita Diabetes Dengan Buah

blogger templates
Cara dan tips diet sehat untuk penderita diabetes yang memang harus berhati-hati dalam mengkonsumsi jenis makanan. Diet untuk penderita diabetes dilakukan agar kadar gula sederhana (glukosa) dalam darah tidak naik. Karena dalam tubuh penderita diabetes mengalami kelainan dalam insulinya, dimana tubuh kekurangan insulin atau insulin ada dalam jumlah cukup tetapi tidak memberikan respon secara benar terhadap keberadaan kadar gula dalam tubuh. Insulin sendiri dihasilkan dalam organ pankreas, dan berfungsi sebagai pengontrol kadar gula dalam tubuh seseorang agar dalam jumlah yang cukup pada batas normal.

Diet Sehat Untuk Penderita Diabetes Dengan Buah
Pada seorang wanita yang sedang dalam kehamilan, juga lebih beresiko menderita penyakit diabetes (diabetes gestasional). Memilih menu makanan diet sehat terutama untuk penderita diabetes sangat penting, karena salah makan jenis tertentu akan bisa dengan segera menaikkan kadar gula dalam tubuh penderita diabetes. Ada beberapa jenis makanan yang bisa untuk mengontrol kadar gula agar tidak menjadi terlalu tinggi, dan salah satu pilihan makanan sehat untuk diabetes ini adalah dengan buah. Pada beberapa jenis buah dipercaya bisa membantu mengontrol kadar gula dalam tubuh dan juga buah dikenal banyak mengandung vitamin serta protein selain memang akan baik bagi kesehatan seseorang secara umum.

Dan berikut ini beberapa jenis makanan diet sehat untuk penderita diabetes tersebut:

1. Apel, manfaat buah yang satu ini memang banyak, pektin yang terkandung di dalamnya bisa mengurangi insulin dalam tubuh penderita diabetes. Makan apel sehari satu buah akan sangat bermanfaat untuk menjauhkan berbgaai jenis penyakit, juga akan menurunkan indeks glikemik dalam tubuh penderita diabetes.
 
2. Pir, jenis buah ini juga banyak mengandung pektin, mengkonsumsi dalam jumlah yang sedang akan membantu mengontrol kadar gula dalam tubuh.
 
3. Aprikot, memilih jenis yang kering akan lebih banyak manfaatnya dibandingkan buah aprikot yang masih segar. Bagi penderita diabetes, buah ini baik karena kandungan kalium yang tinggi didalamnya.
 
4. Berries, pada beberapa jenisnya akan bisa membantu indeks glikemik menjadi turun. Dalam jenis buah ini termasuk diantaranya adalah stroberi, blueberry, raspberry dan blackberry.
 
5. Ceri, buah ini kaya serat juga mempunyai kadar indeks glikemik yang rendah dan baik untuk menurunkan kadar gula.
 
6. Anggur, sebaiknya bagi penderita diabetes hanya secukupnya saja makan buah ini dalam keadaan segar agar efek dari karbohidrat dalam buah ini tidak semakin memperburuk kondisi penderita penyakit diabetes.
 
7. Plum, buah ini kaya akan serat, rendah kalori sekaligus rendah indeks glikemik. Selain baik untuk diabetes, buah plum juga bagus bagi orang yang menderita penyakit jantung.
 
8. Jeruk, bisa membantu menurunkan indeks glikemik dan juga sebagai sumber vitamin C serta kaya serat yang bisa memperlambat proses penyerapan gula ke dalam darah.
 
9. Alpukat, kadar potasium dan lemak sehat yang ada di dalam buah ini akan baik untuk melengkapi diet sehat untuk penderita diabetes. Selain itu, alpukat juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh seseorang.
 
10. Melon, memilih jangan yang sudah terlalau matang karena bisa meningkatkan kadar gula. Melon (yang tidak terlalu matang) kaya akan serat yang sangat baik untuk menghambat penyerapan gula dalam tubuh penderita diabetes.
Itulah beberapa jenis buah yang baik untuk diet sehat bagi penderita diabetes, semoga anda sekeluarga selalu diberi kesehatan.